Senin, 26 September 2011

about MANAJEMEN :) ahihi



1. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi manjemen?
2. Mengapa Market dan Methods tidak termasuk dalam sumber-sumber manajemen?
3. Apa yang dimaksud dengan Efisien dan Efektif?
4. Sebutkan kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam scope O & M?
Jawab :
1.    manusia (man)
biaya (money)
bahan-bahan (materials)
mesin dan peralatan (machine and equipment)
metode (method)
pasar (market)
2.    Metode adalah cara yang dipergunakan sedangkan market adalah wahana untuk memperluas sasaran kegiatan.
3.    Efisien adalah penggunaan sumber daya secara  minimum guna pencapaian hasil yang optimum.
Efektif adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas,kualitas dan waktu) telah tercapai.
4.    planning (perencanaan)
organizing (pengorganisasian)
motivating (motivasi)
controlling (pengendalian)
1. Jelaskan Ruang lingkup ORMET?
2. Megapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja?
3. Apa sebab timbulnya organisasi informal?
4. Apa yang dimaksud dengan ‘ Jendela Johari’?
Jawab:
1.    Adapun ruang lingkup ORMET adalah sebagai berikut:
- Analisis organisasi.
- Komunikasi dalam orrganisai
- Tentang tenaga kerja, prosedur kerja dan system kerja.
- Pentingnya filing dari segi Organisasi &Metode
- Pentingnya jangka waktu penyimpanan data dan dokumen
- Pentingnya formulir dari segi Organisasi & Metode
- Pendayagunaan mesin kantor
- Pendayagunaan perabotan dan peralatan kantor
- Pentingnya penulisan laporan
- Pentingnya buku pedoman kerja
- Pentingnya anggaran belanja
- Analisis kepegawaian
- Pentingnya penyederhanaan kerja
- Orgaisasi unit
- Kesimpulan akhir
2.    Karena dengan uang kita dapat mendapatkan apa yang kita inginkan, dan dengan bekerja kita mendapatkan uang. Karena itu uang dapat menjadi motivasi dalam bekerja.
3.    Adapun alasan utama terbentuknya organisasi informal adalah adanya kebutuhan- kebutuhan penting yang bersifat manusiawi (human needs) yang harus dipenuhi oleh organisasi formal.
4.    Jendela Johari pada dasarnya menggambarkan tingkat saling pengertian antarorang yang berinteraksi, diperkenalkan oleh Joseph Luth dan Harry Ingram (karenanya disebut Johari). Johari Window atau Jendela Johari merupakan alat yang dikembangkan oleh dua orang ahli psikologi yaitu Joseph Luft dan Harry Ingham pada tahun 1955. Alat ini dikembangkan untuk memperbaiki interaksi antar manusia yang belum saling mengenal supaya dapat saling mengenal dan mengetahui dan memperkecil kemungkinan konflik.
1. Sebutkan gaya kepemimpinan yang saudara ketahui?
2. Sebutkan manfaat dari organisasi informal?
3. Sebutkan beberapa jenis bagan struktur organisasi?
Jawab:
1.    Ada 3 macam gaya kepemimpinan yang berbeda:
a.    Otokrasi,mempunyai ciri-ciri:
• Kebijjaksanaan dilakukan oleh pemimpin
• Teknik dan langkah di dikte oleh atasan
• Pemimpin biasanya mendikte tugas setiap anggotanya.
• Pemimpin cenderung menjadi pribaddi dalam pujian dan kecamannya terhadap setiap anggota
b.    Demokratis, mempunyai ciri-ciri:
• Semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari pimpinan.
• Kegiatan-kegiatan didiskusikan langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat, dan bila dibutuhkan untuk petunjuk-petunjuk teknis pemimpin mengarahkan dua atau alternative prosedur yang dapat dipilih.
• Para anggota bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok
• Pemimpin adalah obyektif atau “fact minded”.
c.    Laissez Faire, mempunyai cirri-ciri:
• Kebebasan penuh bagi keputusan kelompok atau individu dengan partisipasi minimal dari pimpinan.
• Bahan-bahan yang bermacam-macam disediakan oleh pimpinan yang membuat orang selalu siap bila dia akan memberikan informasi pada saat ditanya.
• Sama sekali tidak ada partisipasi dari pimpinan dalam penentuan tugas
• Kadang-kadang memberi komentar spontan terhadap kegiatan anggota.
2.    Manfaat organisasi informal adalah :
* Sebagai pendukung tujuan organisasi
* Sebagai alat komunikasi tambahan
* Sebagai alat pemuas kebutuhan sosial
* Dapat membantu manajer yang kurang mampu
3.    Jenis bagan struktur organisasi:
*Bagan struktur organisasi garis
*Bagan struktur organisasi fungsional
*Bagan struktur organisasi matrik
*Bagan struktur organisasi garis dan staff

TUGAS ORGANISASI DAN METODE 4
1. Jelaskan syarat komunikasi yang baik dan berhasil
2. Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi penyimpangan data yang efisien dan fleksibel
3. Sebutkan cara peyusunan paper/warkat yang saudara ketahui
4. Sebutkan Prinsif dalam dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja
Jawab :
1. Syarat-syarat komunikasi dengan baik yaitu :
• Usahakan agar kita sendiri mencapai keterangan yang lengkap
• Usahakan agar terdapat adanya kepercayaan pada kedua belah pihak.
• Usahakan untuk mencapai dasar pengalaman yang sama.
• Gunakanlah kata-kata yang dikenal oleh masing-masing pihak.
• Usahakanlah agar perhatian fihak yang menerima intruksi tetap ada.
• Perhatikanlah hubungan-hubungan.
• Gunakanlah contoh-contoh dan alat-alat visual.
• Praktekanlah penangguhan reaksi.
2. Cara mengatasi penyimpangan social yang efisien :
a. Sanksi yang tegas
Apa itu sanksi? Sanksi yaitu persetujuan atau penolakan terhadap perilaku tertentu. Persetujuan adalah sanksi positif, sedangkan penolakan adalah sanksi negatif yang mencakup pemulihan keadaan, pemenuhan keadaan dan hukuman. Sanksi diperlukan untuk menjamin tercapainya tujuan dan dipatuhinya norma-norma. Pada pelaku penyimpangan sudah selayaknya mendapatkan sanksi yang tegas, yang berupa hukuman yang tegas sesuai dengan undang-undang yang berlaku demi pemulihan keadaan masyarakat untuk tertib dan teratur kembali.
b. Penyuluhan-penyuluhan
Melalui jalur penyuluhan, penataran ataupun diskusi-diskusi dapat disampaikan kepada masyarakat penyadaran kembali pelaksanaan nilai, yang berlaku yang telah dilanggarnya, harus melalui penyuluhan secara terus-menerus dan berkesinambungan. Terlebih-lebih pada pelaku tindak kejahatan/kriminal. Peran lembaga-lembaga agama, kepolisian, pengadilan, Lembaga Permasyarakatan (LP) sangat diharapkan untuk mengadakan penyuluhan-penyuluhan tersebut.
3. Sistem penyusunan papers menurut abjad
Penyusunan papers berdasarkan abjad ini masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian misalnya berdasarkan :
a. Nama orang, nama pendaftar, nama mahasiswa dan sebagainya.
b. Masalah yang akan dibahas, topik yang dibicarakan.
Untuk mempermudah penempatan dan penemuan kembali papers – papers yang bersangkutan maka sebaiknya dalam tempat penyimpanan papers pada awal nama diselipkan huruf abjad yang sesuai dengan nama depan atau huruf depannya misalnya untu setiap pengatian nama atau topik ditulis kedalam lembaran yang menonjol sehingga mudah dlama mencari topik atau nama yang lainya. system penyusunan papers menurut subyek Penyusunan papers menurut subyek ini merupakan modifikasi dari penyusunan papers menurut abjad.
4. Tata kerja : merupakan cara pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bias mencapai tingkat efisien yang maksimal.
Prosedur : merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana, kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.
Sistem : merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Sebutkan cara penyusunan warkat yang saudara ketahui
2. Untuk jenis warkat wesel, cek, surat pembelian disusun / ditaruh dengan cara apa ?
3. Apa yang anda ketahui tentang RECORD RETENTION SCHEDULE
4. Apa yang anda ketahui dengan TABULATING
Jawab:
1.a.) system penyusunan warkat menurut abjad
b.) system penyusunan warkat menurut subyek
c.) system penyusunan warkat menurut waktu
d.) system penyusunan warkat menurut daerah
e). system penyusunan warkat menurut nomor
2.Untuk warkat jenis wesel, cek, surat pembelian atau order bisa disusun dengan cara system nomor.
3.record retention schedule adalah suatu kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam rangka proses manajemen, yaitu yang berhubungan dengan penggolongan, pemilihan, distribusi, maupun disposisi dari record untuk menentukan records yang mana yang perlu tetap disimpan untuk selama-lamanya serta jenis-jenis records yang mana dan yang dalam jangka waktu berapa lama pula perlu dimusnahkan karena sudah tidak diperlukan lagi.
4.Tabulating adalah mengumpulkan data dan fakta yang sesuai dengan cakupan bidang masing-masing menjadi suatu daftar atau tabel sehingga tidak terjadi pengulangan kata atau kalimat, sehingga bisa memberikan analisa yang rasional, objektif dan menunjukkan logika hubungan antara data, fakta peristiwa dan dampaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar