1. Faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhi manjemen?
2. Mengapa
Market dan Methods tidak termasuk dalam sumber-sumber manajemen?
3. Apa
yang dimaksud dengan Efisien dan Efektif?
4. Sebutkan
kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam scope O & M?
Jawab :
1. ☺manusia (man)
☺biaya (money)
☺bahan-bahan (materials)
☺mesin dan peralatan (machine and equipment)
☺metode (method)
☺pasar (market)
2.
Metode adalah
cara yang dipergunakan sedangkan market adalah wahana untuk memperluas sasaran
kegiatan.
3. Efisien adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang
optimum.
Efektif adalah
suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas,kualitas dan
waktu) telah tercapai.
4. ☺planning (perencanaan)
☺organizing (pengorganisasian)
☺motivating (motivasi)
☺controlling
(pengendalian)
1. Jelaskan
Ruang lingkup ORMET?
2. Megapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja?
3. Apa sebab
timbulnya organisasi informal?
4. Apa yang
dimaksud dengan ‘ Jendela Johari’?
Jawab:
1.
Adapun ruang
lingkup ORMET adalah sebagai berikut:
- Analisis
organisasi.
- Komunikasi
dalam orrganisai
- Tentang tenaga
kerja, prosedur kerja dan system kerja.
- Pentingnya
filing dari segi Organisasi &Metode
- Pentingnya
jangka waktu penyimpanan data dan dokumen
- Pentingnya
formulir dari segi Organisasi & Metode
- Pendayagunaan
mesin kantor
- Pendayagunaan
perabotan dan peralatan kantor
- Pentingnya
penulisan laporan
- Pentingnya
buku pedoman kerja
- Pentingnya
anggaran belanja
- Analisis
kepegawaian
- Pentingnya
penyederhanaan kerja
- Orgaisasi unit
- Kesimpulan
akhir
2.
Karena dengan
uang kita dapat mendapatkan apa yang kita inginkan, dan dengan bekerja kita
mendapatkan uang. Karena itu uang dapat menjadi motivasi dalam bekerja.
3.
Adapun alasan
utama terbentuknya organisasi informal adalah adanya kebutuhan- kebutuhan
penting yang bersifat manusiawi (human needs) yang harus dipenuhi oleh
organisasi formal.
4. Jendela Johari
pada dasarnya menggambarkan tingkat saling pengertian antarorang yang
berinteraksi, diperkenalkan oleh Joseph Luth dan Harry Ingram (karenanya
disebut Johari). Johari Window atau Jendela Johari merupakan alat yang
dikembangkan oleh dua orang ahli psikologi yaitu Joseph Luft dan Harry Ingham
pada tahun 1955. Alat ini dikembangkan untuk memperbaiki interaksi antar
manusia yang belum saling mengenal supaya dapat saling mengenal dan mengetahui
dan memperkecil kemungkinan konflik.
1. Sebutkan gaya
kepemimpinan yang saudara ketahui?
2. Sebutkan
manfaat dari organisasi informal?
3. Sebutkan
beberapa jenis bagan struktur organisasi?
Jawab:
1.
Ada 3 macam gaya
kepemimpinan yang berbeda:
a. Otokrasi,mempunyai
ciri-ciri:
• Kebijjaksanaan
dilakukan oleh pemimpin
• Teknik dan
langkah di dikte oleh atasan
• Pemimpin
biasanya mendikte tugas setiap anggotanya.
• Pemimpin cenderung
menjadi pribaddi dalam pujian dan kecamannya terhadap setiap anggota
b. Demokratis,
mempunyai ciri-ciri:
• Semua
kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan
dorongan dan bantuan dari pimpinan.
•
Kegiatan-kegiatan didiskusikan langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok
dibuat, dan bila dibutuhkan untuk petunjuk-petunjuk teknis pemimpin mengarahkan
dua atau alternative prosedur yang dapat dipilih.
• Para anggota
bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas
ditentukan oleh kelompok
• Pemimpin
adalah obyektif atau “fact minded”.
c. Laissez Faire,
mempunyai cirri-ciri:
• Kebebasan
penuh bagi keputusan kelompok atau individu dengan partisipasi minimal dari
pimpinan.
• Bahan-bahan
yang bermacam-macam disediakan oleh pimpinan yang membuat orang selalu siap
bila dia akan memberikan informasi pada saat ditanya.
• Sama sekali
tidak ada partisipasi dari pimpinan dalam penentuan tugas
• Kadang-kadang
memberi komentar spontan terhadap kegiatan anggota.
2.
Manfaat
organisasi informal adalah :
* Sebagai
pendukung tujuan organisasi
* Sebagai alat
komunikasi tambahan
* Sebagai alat
pemuas kebutuhan sosial
* Dapat membantu
manajer yang kurang mampu
3. Jenis bagan
struktur organisasi:
*Bagan struktur
organisasi garis
*Bagan struktur
organisasi fungsional
*Bagan struktur
organisasi matrik
*Bagan struktur
organisasi garis dan staff
TUGAS ORGANISASI DAN METODE 4
1. Jelaskan syarat komunikasi yang baik dan berhasil
2. Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi penyimpangan data yang efisien dan fleksibel
3. Sebutkan cara peyusunan paper/warkat yang saudara ketahui
4. Sebutkan Prinsif dalam dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja
1. Jelaskan syarat komunikasi yang baik dan berhasil
2. Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi penyimpangan data yang efisien dan fleksibel
3. Sebutkan cara peyusunan paper/warkat yang saudara ketahui
4. Sebutkan Prinsif dalam dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja
Jawab
:
1. Syarat-syarat
komunikasi dengan baik yaitu :
• Usahakan agar kita sendiri mencapai keterangan yang lengkap
• Usahakan agar terdapat adanya kepercayaan pada kedua belah pihak.
• Usahakan untuk mencapai dasar pengalaman yang sama.
• Gunakanlah kata-kata yang dikenal oleh masing-masing pihak.
• Usahakanlah agar perhatian fihak yang menerima intruksi tetap ada.
• Perhatikanlah hubungan-hubungan.
• Gunakanlah contoh-contoh dan alat-alat visual.
• Praktekanlah penangguhan reaksi.
• Usahakan agar kita sendiri mencapai keterangan yang lengkap
• Usahakan agar terdapat adanya kepercayaan pada kedua belah pihak.
• Usahakan untuk mencapai dasar pengalaman yang sama.
• Gunakanlah kata-kata yang dikenal oleh masing-masing pihak.
• Usahakanlah agar perhatian fihak yang menerima intruksi tetap ada.
• Perhatikanlah hubungan-hubungan.
• Gunakanlah contoh-contoh dan alat-alat visual.
• Praktekanlah penangguhan reaksi.
2.
Cara mengatasi penyimpangan social yang efisien :
a.
Sanksi yang tegas
Apa
itu sanksi? Sanksi yaitu persetujuan atau penolakan terhadap perilaku tertentu.
Persetujuan adalah sanksi positif, sedangkan penolakan adalah sanksi negatif
yang mencakup pemulihan keadaan, pemenuhan keadaan dan hukuman. Sanksi
diperlukan untuk menjamin tercapainya tujuan dan dipatuhinya norma-norma. Pada
pelaku penyimpangan sudah selayaknya mendapatkan sanksi yang tegas, yang berupa
hukuman yang tegas sesuai dengan undang-undang yang berlaku demi pemulihan
keadaan masyarakat untuk tertib dan teratur kembali.
b.
Penyuluhan-penyuluhan
Melalui
jalur penyuluhan, penataran ataupun diskusi-diskusi dapat disampaikan kepada
masyarakat penyadaran kembali pelaksanaan nilai, yang berlaku yang telah
dilanggarnya, harus melalui penyuluhan secara terus-menerus dan
berkesinambungan. Terlebih-lebih pada pelaku tindak kejahatan/kriminal. Peran
lembaga-lembaga agama, kepolisian, pengadilan, Lembaga Permasyarakatan (LP)
sangat diharapkan untuk mengadakan penyuluhan-penyuluhan tersebut.
3. Sistem
penyusunan papers menurut abjad
Penyusunan
papers berdasarkan abjad ini masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian misalnya
berdasarkan :
a.
Nama orang, nama pendaftar, nama mahasiswa dan sebagainya.
b.
Masalah yang akan dibahas, topik yang dibicarakan.
Untuk
mempermudah penempatan dan penemuan kembali papers – papers yang bersangkutan
maka sebaiknya dalam tempat penyimpanan papers pada awal nama diselipkan huruf
abjad yang sesuai dengan nama depan atau huruf depannya misalnya untu setiap
pengatian nama atau topik ditulis kedalam lembaran yang menonjol sehingga mudah
dlama mencari topik atau nama yang lainya. system penyusunan papers menurut
subyek Penyusunan papers menurut subyek ini merupakan modifikasi dari penyusunan
papers menurut abjad.
4.
Tata kerja : merupakan cara pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bias
mencapai tingkat efisien yang maksimal.
Prosedur : merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana, kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.
Sistem : merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Prosedur : merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana, kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.
Sistem : merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Sebutkan
cara penyusunan warkat yang saudara ketahui
2. Untuk
jenis warkat wesel, cek, surat pembelian disusun / ditaruh dengan cara apa ?
3. Apa yang
anda ketahui tentang RECORD RETENTION SCHEDULE
4. Apa yang
anda ketahui dengan TABULATING
Jawab:
1.a.) system penyusunan warkat
menurut abjad
b.) system penyusunan warkat menurut
subyek
c.) system penyusunan warkat
menurut waktu
d.) system penyusunan warkat
menurut daerah
e). system penyusunan warkat
menurut nomor
2.Untuk warkat jenis wesel, cek,
surat pembelian atau order bisa disusun dengan cara system nomor.
3.record
retention schedule adalah suatu
kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam rangka proses manajemen, yaitu yang
berhubungan dengan penggolongan, pemilihan, distribusi, maupun disposisi dari
record untuk menentukan records yang mana yang perlu tetap disimpan untuk selama-lamanya
serta jenis-jenis records yang mana dan yang dalam jangka waktu berapa lama
pula perlu dimusnahkan karena sudah tidak diperlukan lagi.
4.Tabulating adalah mengumpulkan
data dan fakta yang sesuai dengan cakupan bidang masing-masing menjadi suatu
daftar atau tabel sehingga tidak terjadi pengulangan kata atau kalimat,
sehingga bisa memberikan analisa yang rasional, objektif dan menunjukkan logika
hubungan antara data, fakta peristiwa dan dampaknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar